Penderita Kaki Gajah di Indonesia Mencapai 13.032

Selasa, 27 September 2016 - 14:25 WIB
Penderita Kaki Gajah di Indonesia Mencapai 13.032
Penderita Kaki Gajah di Indonesia Mencapai 13.032
A A A
JAKARTA - Berdasarkan data Kementerian Kesehatan RI, di Indonesia hingga tahun 2016 telah ditemukan lebih dari 13.032 penderia filariasis kronis atau penyakit kaki gajah. Jumlah ini tersebar di 429 kabupaten atau kota di seluruh Indonesia.

"239 kabupaten atau kota diantaranya merupakan daerah endemis filariasis dengan risiko penularan diantara penduduknya yang cukup tinggi," papar Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kementerian Kesehatan RI, dr H. Mohamad Subuh, MPM melalui keterangan pers yang diterima Sindonews.

Untuk menanggulangi filariasis di Indonesia, Kementerian Kesehatan pun menggelar kampanye nasional pemberian obat pencegahan masal (POPM). Gerakan ini diberi nama bulan eliminasi kaki gajah (BELKAGA).

"BELKAGA yang telah dicanangkan pada 1 Oktober 2015 merupakan kegiatan dimana setiap penduduk yang tinggal di kabupaten atau kota endemis filariasis di seluruh Indonesia serentak minum obat pencegahan filariasis pada bulan Oktober," jelasnya.

Hadirnya BELKAGA ini pun diharapkan bisa memutus mata rantai penularan cacing filaria di daerah tersebut.

"Dengan adanya BELKAGA ini di harapkan setiap kabupaten atau kota endemis wajib melaksanakan POPM filariasis secara serentak sekali setahun selama minimal lima tahun berturut-turut untuk memutus rantai penularan cacing filaria," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5777 seconds (0.1#10.140)